Cara Mengirimkan Situs Web Anda ke Mesin Pencari

Anda memiliki situs tetapi ketika di cari di mesin pencari tidak muncul di mesin pencarian seperti google, Bing, Yandek atau mesin pencari lainnya. Mengapa bisa begitu? Satu rahasia yang mungkin belum anda lakukan adalah mengirimkan peta situs. Apa itu peta situs?

Peta situs adalah file yang digunakan untuk memberikan informasi tentang halaman, video, dan file lainnya di situs Anda, serta hubungan antara elemen-elemen tersebut. Mesin telusur seperti Google membaca file ini untuk meng-crawl situs Anda dengan lebih efisien. Peta situs memberi tahu Google tentang halaman dan file mana saja yang Anda anggap penting di situs Anda, serta memberikan informasi yang berguna tentang file tersebut.

Misalnya, kapan terakhir kali halaman diperbarui dan apa versi bahasa lain halaman tersebut.

Selengkapnya baca di sini

Setelah anda mengetahui apa itu peta situs, pertanyaannya: Apakah di tahun 2021 cara ini masih berlaku?

Inilah yang akan kita pelajari selanjutnya:

Apakah Anda perlu mengirimkan situs web Anda ke mesin pencari?

Mungkin tidak, tetapi ini dapat membantu mereka menemukannya lebih cepat. Google dan mesin pencari lainnya tidak bergantung pada pengiriman manual. Cara utama mereka untuk menemukan situs web dan halaman baru adalah dengan merayapinya.

Di situlah program komputer terus-menerus memeriksa ulang situs web yang dikenal untuk tautan baru ke konten baru. Konten bermanfaat apa pun yang mereka temukan akan ditambahkan ke indeks mereka.

WEE.Matt Cutts menjelaskan lebih lanjut tentang perayapan dan cara kerjanya silahkan saksikan video ini.

Tetapi meskipun demikian, ada beberapa manfaat untuk mengirimkannya:

  • Lebih baik aman daripada menyesal. Sangat cepat untuk mengirimkan situs web Anda, jadi mengapa mesin pencari berisiko tidak menemukannya?
  • Beri mereka lebih banyak informasi. Tetap perbarui mesin telusur tentang perubahan pada konten Anda.
  • Tingkatkan situs web Anda. Mengirimkan situs web Anda ke Google dan Bing memberi Anda akses ke alat gratis untuk membantu meningkatkan situs web Anda.

Cara mengirimkan situs web Anda ke mesin pencari

Google dan Bing bersama-sama menghentikan alat pengiriman URL mereka pada tahun 2018. Sekarang satu-satunya cara untuk mengirimkan situs web ke mesin pencari adalah dengan mengirimkan peta situs. Untuk mesin pencari lain seperti DuckDuckGo dan Yahoo, tidak perlu mengirimkan situs.

Anda biasanya dapat menemukan peta situs Anda di salah satu URL berikut:

  • websitemu.com/sitemap.xml
  • websitemu.com/sitemap_index.xml

Jika anda menggunakan plugin SEO Rank Math maka akan tampak seperti gambar di bawah ini:

peta situs prya design

Jika ternyata peta situs Anda tidak terlihat, coba periksa file robots.txt di situs web websitemu.com/robots.txt. Sebagian besar situs web mencantumkan lokasi peta situs mereka di sini, perhatikan gambar di bawah ini:

robots txt prya design

Jika ternyata belum tampak, kemungkinan Anda belum memiliki peta situs. Anda harus membuatnya sebelum melanjutkan. Bagaimana cara membuat peta situs? Nanti akan kami buat tutorialnya pada posting terpisah.

Sekarang mari kita lanjutkan,  berikut adalah cara yang benar mengirimkan situs web ke mesin pencari:

  • Kirim melalui Google Search Console
  • Kirim melalui Alat Webmaster Bing
  • Kirimkan situs Anda ke Yahoo
  • Kirimkan situs Anda ke DuckDuckGo
  • Kirimkan situs Anda ke Baidu

Cara mengirimkan situs ke Google

Masuklah ke Google Search Console, tekan “Peta Situs” di menu sebelah kiri, tempel di URL peta situs Anda , lalu tekan ‘kirim.’

mengirim peta situs di google console

Anda harus menambahkan dan memverifikasi situs di Google Search Console untuk melakukan ini. Jika Anda memiliki beberapa peta situs, ulangi proses ini. Jika masih belum paham kami akan membuatkannya di artikel terpisah.

Cara mengirimkan halaman tunggal ke google

Berikut langkahnya:

  1. Pada menu bagian kiri pilih menu inspeksi URL.
  2. Copy url yang anda inginkan dan paste pada pop up yang muncul.
  3. Akan muncul Mengambil data dari Indeks Google
  4. Jika website anda terindeks dengan baik maka akan tampak seperti di bawah ini.
url indeks google

Jika url anda ternyata belum terindeks, anda bisa mencoba “UJI URL AKTIF”, jika aktif selanjutnya klik “MINTA PENGINDKSAN”

Namun, jika URL sudah terindeks dengan baik, Anda tidak perlu melakukan apa pun. Namun, ada baiknya meminta pengindeksan ulang setelah memperbarui dan memublikasikan ulang konten karena ini dapat membantu Google merayapi ulang dan mengindeks ulang laman lebih cepat.

Cara mengirimkan situs web Anda ke Bing

Langkah yang harus anda lakukan adalah masuk ke Bing Webmaster, lihat menu di sebelah kiri kemudian pilih Sitemap, paste URL peta situs Anda (contoh format https://www.websitemu.com/sitemap.xml), lalu tekan ‘Kirim peta situs.

submit peta situs ke bing webmaster

Jika Anda memiliki beberapa peta situs, ulangi prosesnya.

Cara mengirimkan situs ke Yahoo

Indeks Bing mendukung Yahoo. Jadi, jika anda sudah mengirimkan sitemap di Bing, maka secara otomatis telah mengirimkannya ke Yahoo. Brarti langkah ini bisa anda lewati.

Cara mengirimkan situs ke DuckDuckGo

DuckDuckGo ternyata tidak mengizinkan pengiriman situs ke mesin pancari mereka. Lalu bagaimana? Mereka akan mengindeks situs web dari lebih dari empat ratus sumber, termasuk DuckDuckBot (perayap web mereka), Wikipedia, Bing, dan mitra lainnya.

Sama seperti langkah Yahoo, anda tidak perlu melakukan apa-apa di langkah ini selain mengirimkan situs web Anda ke Bing.

Cara mengirimkan situs web Anda ke Baidu

Bagi anda yang memiliki website dengan target negara Cina cara ini perlu dilakukan. Namun, jika target anda Indonesia maka anda tak perlu melakukannya, Dari pengalaman kami, website akan terindeks oleh Baidu dengan sendirinya. Konon prosesnya bisa dikatakan cukup rumit.

Bagaimana cara memeriksa apakah situs sudah diindeks?

Banyak tutorial mengatakan bahwa untuk memeriksa status pengindeksan Google cukup dengan mengetikkan url dengan format site:websitemu.com. Namun, ternyata cara ini tidak efektif dan tidak akan mengungkapkan apakah situs atau halaman benar-benar diindeks.

Menggunakan search console merupakan satu-satunya cara yang dapat diandalkan untuk memeriksa status pengindeksan situs anda.

Untuk Google, buka laporan Cakupan di Search Console, pilih tab ‘Valid’, lalu tekan salah satu daftar di bawah detail untuk melihat URL yang diindeks, perhatikan gambar di bawah ini:

status indeks website di google console

Jika ingin memeriksa status URL tertentu, gunakan alat Inspeksi URL.

Untuk Bing, gunakan Penjelajah Situs mereka dan filter berdasarkan URL yang diindeks. Anda kemudian dapat menjelajahi semua halaman di situs Anda yang diindeks. Untuk memeriksa halaman individual, gunakan alat Inspeksi URL mereka.

Cara memperbaiki masalah pengindeksan

Jika situs anda tidak diindeks, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mencari tahu apa penyebabnya. Tanpa mengetahui penyebabnya pasti anda akan kesulitan untuk mengatasinya.

Untuk melakukannya, copy dan paste URL ke alat Inspeksi URL Google dan periksa kesalahan cakupan.

Berikut adalah beberapa masalah umum di Search Console dan artinya:

  • Dikecualikan oleh tag ‘noindex’. Google diblokir agar tidak mengindeks halaman karena tag meta robots noindex. Hapus ini dari halaman jika harus diindeks.
  • Diblokir oleh robots.txt. Google tidak dapat merayapi laman karena diblokir di robots.txt. Hapus blok jika harus diindeks.
  • Halaman dengan pengalihan. Google tidak akan mengindeks halaman yang dialihkan, jadi hapus pengalihan jika halaman tidak seharusnya dialihkan.
  • Duplikat tanpa kanonik yang dipilih pengguna. Google percaya bahwa halaman ini adalah duplikat konten dan telah memilih untuk mengindeks apa yang diyakini sebagai kanonik. Biasanya, ini tidak menjadi masalah, tetapi Anda harus menyelidiki lebih lanjut jika Anda yakin halaman tersebut harus diindeks.

Anda dapat menemukan daftar lengkap kesalahan dan masalah laporan Cakupan di sini.

Mengapa mengirimkan situs web saja tidak cukup?

Sebagian besar pencarian Google menghasilkan ratusan ribu hasil. Namun menurut analisa, hampir tidak ada orang yang mengklik di luar halaman pertama.

Untuk alasan tersebut, membuat agar situs web Anda diindeks saja tidak cukup. Jika Anda menginginkan lalu lintas dari mesin pencari, Anda perlu memberi peringkat pada halaman pertama untuk kata kunci target.

Namun, ternyata mendapatkan halaman pertama saja tidak cukup, jika Anda menginginkan banyak lalu lintas artikel dengan target keyword tertentu harus berada pada urutan 1 – 3. Karena mayoritas orang akan mengklik salah satu dari tiga hasil pertama saja sebelum mereka mengganti keyword lainnya.

Kesimpulan

Google dan Bing mungkin akan menemukan situs web Anda meskipun Anda tidak mengirimkannya. Hal yang sama berlaku untuk mesin pencari lainnya. Tetapi mengirimkan situs web Anda secara manual masih layak dilakukan, meskipun hanya untuk memberi mereka sedikit informasi tambahan.

Sebaiknya kirimkan kembali halaman web yang Anda perbarui atau ubah.

Membutuhkan jasa Pembuatan Website?

Kami menyadari tidak semua orang mau mempelajari atau bahkan tidak tidak punya waktu untuk mengurus sebuah website, apalagi jika anda seorang yang berkecimpung di dunia bisnis,

Untuk itu, kami di sini siap membantu untuk pembuatan website untuk anda dengan kualitas sesuai budget yang anda sediakan. Jika anda serius silahkan klik tautan yang kami sediakan di bawah ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *