Cara simpel menulis judul posting yang menarik dan mengundang klik

Meskipun anda menulis posting blog terbaik di dunia tidak banyak atau bahkan sama sekali tidak ada yang akan membacanya jika judul artikel anda sama sekali tidak menarik untuk dibaca. Mengapa bisa demikian? Seperti telah kita ketahui bahwa manusia cenderung mudah menyimpulkan sesuatu hanya dari sampulnya saja. Begitu pula dengan artikel, judul yang biasa-biasa saja kurang menarik bagi kebanyakan orang.

Nah, inilah tantangan anda sebagai penulis artikel, bagaimana agar judul posting kita mendapatkan klik dari pencarian. Pada posting ini kita akan belajar bagaimana menulis judul yang menarik dan akhirnya di klik tanpa clickbait. Berikut bahasannya:

Apa itu judul?

Judul adalah judul, dan judul yang baik melakukan tiga hal berikut:

  1. Menarik perhatian pembaca
  2. Buat pembaca cukup penasaran untuk mengklik
  3. Jelaskan konten secara akurat

Jika dapat melakukan ketiganya dalam satu kalimat, Anda akan memenangkan semua pembaca yang Anda inginkan.

Mengapa headline penting?

Judul yang bagus akan mengarahkan orang ke artikel yang dimaksud. Bahkan, judul dalam banyak kasus, akan menjadi satu-satunya faktor yang digunakan orang untuk memutuskan apakah artikel tersebut layak dibaca.

Dan berita utama bersaing untuk mendapatkan perhatian dengan cara yang berbeda tergantung pada platform tempat mereka muncul.

Di media sosial

Artikel Anda dikemas dalam gulungan berita mengkhawatirkan yang tak terbatas, posting oleh orang-orang favorit audiens Anda, dan iklan yang dirancang untuk mengalihkan otak mereka dari menjelajah hingga membeli. Sekarang ingatlah bahwa orang memiliki rentang perhatian yang semakin terbatas. Judul Anda harus bersaing dan menang melawan semua pesaing yang sangat terlatih ini.

Di baris subjek email

Rata-rata pekerja kantoran menerima 121 email per hari . Bahkan jika hanya 10% darinya adalah buletin dengan tautan ke posting blog, kebanyakan orang tidak akan membaca 12 posting sehari. Mereka akan memilih beberapa yang paling menarik berdasarkan tajuk utama mereka.

Dari hasil pencarian

Rata-rata situs web mendapatkan hampir 2/3 lalu lintasnya dari Google. Judul yang baik akan meningkatkan kemungkinan pencari mengklik halaman Anda di atas hasil lainnya.

Cara menulis judul dalam 3 langkah

Sebenarnya menulis judul tidak terlalu sulit. Anda bisa mendapatkan dasar-dasarnya dengan sistem tiga langkah sederhana. Ingatlah beberapa hal saat Anda mengerjakannya:

  • Anda harus menulis judul utama untuk pencari Google, karena, kemungkinan besar, seperti yang disebutkan sebelumnya, sebagian besar lalu lintas Anda berasal dari pencarian.
  • Biasanya yang terbaik adalah menulis judul Anda sebelum menulis posting blog Anda, jadi sistem ini mengambil pendekatan itu. Meskipun demikian, Anda masih dapat menggunakan setiap langkah untuk menyaring judul ad-hoc.
  • Anda harus menghindari clickbait dengan mengingat isi artikel yang sebenarnya saat Anda menjalani langkah-langkahnya. Seringkali menulis judul setelah Anda menulis artikel menyebabkan Anda terlalu menjanjikan apa yang akan didapat pembaca dari artikel tersebut. Jika artikelnya tidak terkirim, yah, itu clickbait.

Berikut langkah-langkah menulis yang harus anda lakukan!

1. Pilih format

Katakanlah Anda sedang menulis posting tentang bubuk protein terbaik. Salah satu format judul berikut dapat berfungsi:

  • Listicle: 10 Bubuk Protein Terbaik untuk Membangun Otot pada tahun 2021
  • How-to: Cara Memilih Bubuk Protein Terbaik untuk Anda
  • Tutorial : Bubuk Protein Terbaik: Memilih Yang Terbaik dalam 6 Langkah
  • Opini: Benarkah Ada Bubuk Protein Terbaik? Sains Mengatakan Tidak
  • Ulasan: Ulasan Standar Emas Nutrisi Optimal: Bubuk Protein Terbaik
  • Perbandingan: Nutrisi Optimal vs. MyProtein: Manakah Bubuk Protein Terbaik?

Tapi ingat, untuk sebagian besar situs web, sumber lalu lintas terpenting adalah Google. Jadi, Anda tidak boleh hanya memilih format judul yang menurut Anda paling baik. Anda harus memilih salah satu yang benar-benar dicari oleh pencari sehingga Anda memiliki peluang peringkat terbaik.

Bagaimana Anda bisa melakukan ini?

Lihatlah halaman peringkat teratas saat ini untuk kata kunci target Anda di Google dan periksa sudut yang dominan. Anda dapat melihat bahwa tiga artikel “bubuk protein terbaik” teratas semuanya adalah daftar.

pencarian Bubuk Protein Terbaik

Perlu diketahui bahwa hasil penelusuran Google dipersonalisasi berdasarkan faktor seperti lokasi dan riwayat penelusuran Anda. Untuk mengatasi ini, gunakan Ahrefs SEO Toolbar di tab penyamaran untuk mensimulasikan pencarian di negara dan bahasa target Anda.

ahref tool bar

Perlu diingat, jenis judul yang paling berhasil akan bervariasi menurut topik Anda. Sementara headline listicle adalah yang terbaik untuk postingan tentang bubuk protein terbaik, headline how-to lebih baik untuk postingan yang sedang Anda baca sekarang. Dan topik Anda mungkin membutuhkan opini. Itu semua tergantung pada data pencarian.

Tips: Jika Anda menulis judul untuk posting yang ada yang tidak cocok dengan sudut dominan dalam hasil pencarian, pertimbangkan apakah Anda dapat mengubah sudut dengan sedikit suntingan.

2. Tambahkan sudut kemenangan

Sekarang setelah Anda menurunkan formatnya, Anda perlu menemukan sudut peringkat teratas.

Menggunakan artikel yang sama dari langkah terakhir, cari kata-kata pembeda. Saat melihat listicles misalnya, sebagian besar artikel memulai “# Bubuk Protein Terbaik untuk…”

Apa yang muncul setelah itu ” untuk” adalah sudutnya. Dalam kasus “bubuk protein terbaik” sudut yang dominan adalah jenis kelamin. yaitu, “Untuk Pria” atau “Untuk Wanita”.

Tetapi ada opsi lain di SERP juga, seperti:

  • “Untuk nutrisi yang lebih baik”
  • “Untuk setiap diet”
  • “Untukmu”

Saat memilih sudut Anda, Anda perlu menyeimbangkan apa yang diinginkan pencari dengan apa yang dapat Anda tulis secara memadai. Jika Anda seorang ahli dan tahu sudut tertentu jauh lebih masuk akal daripada yang lain, Anda harus mengambil sudut itu.

Jika tidak ada sudut dominan yang jelas, fokuslah pada manfaat yang jelas, faktor pembeda produk/layanan Anda, atau hanya sesuatu yang belum menjadi fokus selama itu adalah sesuatu yang ingin dicapai pembaca Anda.

Sebagai contoh:

  • “Untuk menurunkan berat badan”
  • “Untuk membentuk otot”
  • “Untuk pembulatan”

Setelah Anda memiliki bagian dasar judul, yaitu format dan sudut, Anda hanya perlu melakukan satu hal lagi. Apakah itu? Mari kita lanjutkan.

3. Jadikan itu manusia

Untuk benar-benar menarik perhatian pembaca, Anda perlu membuat headline Anda manusiawi.

Jika Anda seorang manusia, ini seharusnya mudah. Gunakan kata sifat atau kiasan yang biasa Anda gunakan untuk menggambarkan artikel dengan santai kepada sahabat Anda.

Jadi, alih-alih “10 bubuk protein terbaik untuk menurunkan berat badan”, Anda mungkin memiliki:

  • “10 bubuk protein terbaik untuk menurunkan berat badan dengan mudah
  • “10 bubuk protein terbaik untuk menurunkan berat badan
  • “10 bubuk protein terbaik untuk diparut

Untuk mempermudah proses ini, gunakan bahasa pembaca Anda. Di setiap industri, ada jargon, ada slang, dan ada cara pribadi orang yang ‘tahu’ membicarakan hal-hal favorit mereka. Jika Anda punya waktu luang, bacalah sebanyak mungkin artikel tentang topik Anda.

Anda juga dapat menelusuri media sosial tentang topik Anda. Reddit, Twitter, dan LinkedIn adalah tempat yang bagus untuk menemukan frasa khusus dan bahasa khusus komunitas. Beberapa subreddits bahkan datang dengan Wiki dan Glosarium yang menentukan kata kunci.

Dengan menggunakan informasi ini, Anda dapat memilih judul seperti “17 Bubuk Protein yang Membantu Anda Mencapai Tujuan Makronutrien Anda” atau “14 Bubuk Protein untuk Transportasi, Persiapan, dan Konsumsi yang Cepat, Mudah.”

4 tips untuk menulis judul

Memilih format pemenang, sudut pandang, dan “menjadikannya manusiawi” sudah cukup untuk proses langkah-demi-langkah “dasar” tentang cara menulis judul yang menang.

Yang mengatakan, setelah bertahun-tahun menulis berita utama, kami punya empat tips untuk Anda.

1. Tambahkan kekonkritan

Semakin spesifik judul Anda, semakin mudah dibaca. Semakin mudah dibaca, semakin banyak orang akan menyukainya. Semakin banyak orang menyukainya, semakin besar kemungkinan mereka untuk mengkliknya.

Sesederhana itu. Dan kekhususan berasal dari benda nyata dan nyata.

Misalnya, alih-alih “Bubuk Protein untuk Menambah Berat Badan”, cobalah “15 Bubuk Protein Lezat untuk Membantu Anda Menambah 1 pon Per Minggu di Otot.”

2. Kejutan dan kesenangan

Jika sasaran Anda adalah mendapatkan lalu lintas dari tempat selain penelusuran organik, seperti media sosial, pencocokan maksud penelusuran mungkin tidak begitu penting. Anda dapat membuat lebih banyak pengaruh dengan mengatakan sesuatu yang menarik dan tidak biasa untuk membuat orang berhenti dan mengklik.

Tidak ada formula nyata untuk yang satu ini; itu bergantung pada mengetahui audiens Anda, bahasa yang mereka gunakan, dan apa yang mungkin beresonansi dengan mereka.

3. Buat kesenjangan rasa ingin tahu

Berikan informasi Anda kepada semua orang kecuali orang yang ingin Anda buat penasaran, misalnya, “Semua orang melakukan x kecuali Anda!” Pastikan Anda mencadangkan klaim itu di artikel Anda sehingga itu bukan hanya bagian clickbait lainnya.

4. Uji varian judul

Saat Anda memposting artikel Anda di platform media sosial, Anda dapat memilih judul yang berbeda. Uji varian pada tema utama untuk melihat apakah satu judul mendapat lebih banyak klik, suka, komentar, dan bagikan. Kemudian gunakan itu sebagai judul posting utama Anda.

Baca juga: Cara Mengirimkan Situs Web Anda ke Mesin Pencari

Kesimpulan

Membuat judul yang menang bukanlah ilmu roket. Itu ilmu pemasaran. Dan itu jauh lebih mudah. Bahkan, jika Anda menggunakan sistem tiga langkah yang dijelaskan di atas, Anda akan dapat mengikuti penulis terbaik di industri Anda.

Setelah Anda sendiri siap menjadi penulis utama terbaik, lihat klasik copywriting. Mereka semua memiliki formula headline berbasis bukti mereka sendiri dengan teori untuk mendukung mereka.

  • Scientific Advertising by Claude Hopkins (Iklan Ilmiah oleh Claude Hopkins). Memperkenalkan konsep ‘ pengujian salinan ‘ dengan merinci berita utama paling efektif yang digunakan dalam pemasaran respons langsung sekitar tahun 1923.
  • Tested Advertising Methods by John Caples (Metode Periklanan yang Diuji oleh John Caples). Metode Claude Hopkins disempurnakan oleh dekade berikutnya. Mencakup formula judul paling sukses yang masih mendapatkan klik hampir seabad kemudian.
  • Breakthrough Advertising by Eugene Schwartz (Iklan Terobosan oleh Eugene Schwartz). Memperkenalkan ide ‘ Brand Awareness ‘ dan cara memasarkan ke setiap level konsumen.
  • The Wizard of Ads by Roy Williams (Penyihir Iklan oleh Roy Williams). Ini adalah favorit pribadi yang lebih modern yang mengambil salah satu pendekatan paling unik untuk copywriting di luar sana.
  • Great Leads by Michael Masterson (Prospek Hebat oleh Michael Masterson). Semata-mata berfokus pada cara menulis salinan baris pertama untuk membuat dampak terbesar pada audiens Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *