Articles

Berapa biaya buat website Perusahaan berbasis Wordpress?

Ingin tahu berapa biaya pembuatan website Perusahaan berbasis WordPress? Mungkin banyak orang berfikir untuk membuat website melalui platform ini sangat mudah dan bahkan gratis. Benarkah itu? Jawabnya Benar! Namun, itu hanya membuat website saja tanpa SEO. Jadi ibarat toko hanya membuat toko dan isinya saja namun tak ada orang yang tahu dan menemukannya. Mengapa demikian? Hal ini berkaitan dengan teknik SEO (search engine optimization) atau dalam bahasa Indonesia pengoptimalan mesin telusur.

Benarkah SEO berpengaruh pada sebuah website? Jawabnya: sangat berpengaruh! Jangan berfikir bahwa SEO itu omong kosong. Hal ini telah dijelaskan sendiri oleh Google sendiri melalui laman bantuannya, jika tidak percaya silahkan kunjungi: Panduan Memulai Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO)

Mengapa Google? Karena sampai saat ini googlelah yang menguasai mesin pencari di dunia internet. Bukankah ketika anda akan mencari sesuatu di internet menggunakannya? Dan ini tidak hanya google, mesin pencari lainnya seperti Bing pun menggunakan teknik SEO untuk menemukan sebuah website.

Maka tak mengherankan jika jasa SEO profesional pasti mahal, karena membutuhkan pemikiran yang lebih untuk mengalahkan persaingan jutaan website yang tersebar di internet. Silahkan pelajari: Cara Mengirimkan Situs Web Anda ke Mesin Pencari

Kembali ke pokok bahasan, membangun website khusus untuk bisnis membutuhkan biaya tambahan, minimal untuk membeli sewa hosting dan sewa domain baik pertahun maupun perbulan. Berapa harga sewa hosting dan domain? Nanti akan kita bahas lebih detail.

Apabila Anda ingin memiliki sebuah website perusahaan atau situs toko online yang mudah ditemukan di internet, apalagi bis di halaman pertama, maka biaya Anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk optimasi, kustomisasi, maintenance dan perawatan rutin. Dan pastinya ini tidak bisa Anda lakukan sendiri, untuk itu Anda membutuhkan seorang developer. Kalaupun anda bisa melakukannya pasti tak ada waktu, karena Anda berniat membangun sebuah bisnis sendiri, tentunya waktu anda telah habis. Jalan paling mudah adalah serahkan kepada ahlinya.

Kebutuhan yang diperlukan untuk sebuah website pastinya berbeda-beda, sehingga harga pembuatan website menjadi sangat variatif, mulai dari ratusan ribu hingga ratusan juta rupiah. Perbedaan harga ini berkaitan dengan kebutuhan hosting, plugin, dan fitur-fitur lain yang dibutuhkan.

Biaya Pembuatan Website sendiri secara manual

Dengan WordPress Anda dapat membuat website dengan cepat dan mudah, karena CMS ini open source jadi siapapun dapat menggunakannya meskipun sama sekali tidak coding. Namun, jangan langsung menyimpulkan bahwa ini benar-benar gratis dan tanpa biaya sama sekali. Karena Wordpress yang digunakan untuk membuat website di sini menggunakan wordpress.org bukan wordpress.com.

Mungkin Anda bisa menggunakan wordpress.com secara gratis, namun fitur yang anda butuhkan untuk mendukung bisnis anda tidak akan tersedia, dan kami yakin anda akan sangat kesulitan. Maka anda harus menggunakan Wordpress.org.

Apabila Anda ingin benar-benar memiliki sebuah website bisnis, Anda harus menyiapkan biaya untuk membeli segala hal atau fitur yang dibutuhkan. Adapun fitur-fitur minimum yang harus anda miliki untuk mendukung sebuah website adalah sebagai berikut:

  1. domain
  2. hosting
  3. plugin
  4. SSL (https)
  5. tema

Tidak hanya sekedar biaya pembelian, nantinya anda akan butuh biaya rutin bulanan maupun tahunan, karena terkadang penyedia mengharuskan anda untuk menyewa dan tidak sekali beli.

Jadi, berapa anggaran yang harus dipersiapkan untuk membuat sebuah website sendiri? Berikut ulasan detail perhitungan biaya pembuatan website.

1. Beli Domain

Meskipun untuk membuat website berbasis WordPress bisa gratis, namun Anda harus mengeluarkan uang untuk membeli sebuah domain. Apa itu domain? Dalam dunia website, domain sangat penting artinya bagi para pengguna karena inilah alamat toko anda di internet. Domain akan mepermudah pengunjung untuk mengingat sebuah website. Misalnya, seperti yang anda kunjungi sekarang ini: pryadesign.com

Dengan domain, para pengguna tidak perlu mengetikkan IP Address di browser untuk mengunjungi sebuah situs web, karena jika website tanpa domain alamatnya hanya berbentuk no IP yang tentunya akan susah diingat oleh pengunjung.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan dan membeli domain? Ada banyak sekali website untuk membeli domain, antara lain sebagai berikut:

  • Dewaweb (https://www.dewaweb.com)
  • Dynadot (https://www.dynadot.com)
  • Google Domains (https://domains.google)
  • Hostinger (https://www.hostinger.co.id)
  • IdCloudHost (https://idcloudhost.com)
  • Namecheap (https://www.namecheap.com)
  • Namesilo (https://www.namesilo.com)
  • Niagahoster (https://www.niagahoster.co.id)
  • Qwords (https://www.qwords.com)
  • Webnesia (https://www.webnesia.co.id)
  • dll

Harga sebuah domain sangat bervariasi, namun rata-rata berkisar antara Rp 16.000 – Rp 445.000 per tahun. Ada banyak sekali ekstensi domain yang bisa Anda pilih, namun yang populer digunakan antara laon .com, .id, .net, dan .co.id.

Dari ke-empat ekstensi domain tersebut yang paling pupuler adalah .com (dot com). Apa alasannya? Karena selain harganya lebih murah, telinga masyarakat telah terbiasa dengan ekstensi tersebut. Siapa yang tidak kenal detikcom, kompascom dll. Untuk pembelian pertama biasanya lebih murah, antara Rp 130.000 hingga Rp 165.000 untuk 1 tahun.

2. Sewa Web Hosting

Hosting adalah tempat menampung file sebuah website yang harus dimiliki oleh sebuah website, tanpanya kita tidak bisa mengupload file yang akan kita tayangkan di web. Untuk urusan harga juga bervariatif, kapasitas akan membedakan harga yang ditawarkan. Semakin besar kapasitas hosting yang kita butuhkan, maka harganya pun akan semakin mahal. Salah satu keuntungan jika kita menyewa hosting berkapasitas besar adalah kinerja website kita akan semakin kuat.

Harga sewa paket hosting yang ditawarkan sangat bervariatif, biasanya berkisar antara Rp 10.000 sampai jutaan rupiah per bulan. Dimana tempat membeli hosting? Ada banyak sekali penyedia, baik di dalam negeri atau luar negeri. Karena kita di Indonesia, kami memberikan rekomendasi beberapa penyedia hosting di dalam negeri antara lain sebagai berikut:

  • Ardetamedia
  • ArdHosting
  • Dapur Hosting
  • DomaiNesia
  • Niagahoster
  • Qwords
  • Webnesia
  • Jagoan Hosting
  • dll

Sebelum anda memilih di mana akan membeli hosting, baiknya cari sebanyak mungkin artikel yang yang membahas setiap penyedia hosting. Selain itu, catat secara terperinci kebutuhan website Anda sebelum menentukan budget untuk hosting. Kebutuhan spek hosting setiap website bisnis akan berbeda-beda sehingga nantinya anda bisa melangkah lebih tepat.

3. Pemasangan SSL

SSL adalah singkatan dari Secure Socket Layer yang berperan untuk menjaga keamanan data sebuah website. Untuk saat ini, SSL diwajibkan oleh google untuk memproteksi data pribadi Anda dari setiap pengguna. Jika sebuah website tidak menggunakan SSL, biasanya akan ada peringatan dari google bahwa calon pengunjung harus menyetujui resiko yang harus dihadapi jika melanjutkan. Hal ini akan terasa menakutkan bagi calon pengunjung website anda, parahnya kemungkinan calon pengunjung tidak akan sampai ke website anda. Sangat merugikan bukan?

Jika anda ingin tahu lebih jauh silahkan kunjungi pengumuman google: Menggunakan Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) di domain Anda

Meskipun Anda bisa mendapatkan SSL gratis dengan menggunakan fitur Let’s Encrypt yang disediakan pihak hosting, namun fitur ini belum cukup menjamin keamanan website sehingga Anda membutuhkan SSL versi berbayar.

Berapa Harga pemasangan sertifikat SSL? Ini juga sangat variatif. Rata-rata sekitar Rp 100.000 hingga Rp 4.000.000 pertahun. Perbedaan harga ini tentunya berkaitan dengan domain, garansi dan implementasi teknologi yang disediakan.

Untuk mendapatkan SSL, Anda bisa mengunjungi beberapa agensi yang juga menjual domain dan hosting. Terkadang, perusahaan semacam ini juga menawarkan paket khusus yang sudah mencakup ketiga fitur tersebut.

Beberapa rekomendasi agensi yang melayani pembelian SSL adalah:

  • Comodo SSL Certificate
  • Dewaweb
  • DomaiNesia
  • Hostinger
  • IdCloudHost
  • IdWebHost
  • Masterweb
  • Niagahoster
  • dll

4. Biaya Penambahan Plugin & Add-On

Plugin adalah kode software dengan fungsi tertentu yang memungkinkan aplikasi atau program untuk menjalankan fitur tambahan di aplikasi atau sebuah program. Sebuah website berplatform wordpress membutuhkan plugin untuk memperkaya fitur dan meningkatkan fungsionalitas tanpa melakukan coding. Hanya dengan install dan aktifkan maka Plugin dapat difungsikan. Plugin juga dapat di nonaktifkan atau di unistall dengan mudah melalui dashboard wordpress.

Namun, meski pemasangan dan pencopotan dapat dilakukan dengan mudah, jangan biasakan bongkar pasang, karena akan berpengaruh pada kinerja website. Apalagi jika plugin berhubungan dengan indeks google, maka ini akan sangat beresiko untuk website bisnis anda.

Sebelum memasang, ada baiknya pelajari manfaat plugin tersebut untuk website anda, semakin banyak plugin yang diinstall maka akan semakin memperberat loading website, dan tentunya ini akan mengganggu calon pengunjung anda.

Install plugin yang benar-benar dibutuhkan. Untuk Website ecommerce biasanya dibutuhkan lebih banyak plugin, seperti plugin jual beli, katalog produk, ecommerce, dan banyak lagi.

Hingga saat ini WordPress memiliki kurang lebih 580.000 lebih plugin yang dapat diakses di direktori platform tersebut yang dapat diinstal secara gratis. Namun perlu diingat, cukup install plugin yang benar-benar Anda butuhkan, misalnya plugin SEO seperti Yoast dan Rankmath harus diinstal mengingat fungsinya yang vital.

Memang banyak plugin dan add-on dapat diunduh secara gratis, namun tentu kualitas dan fiturnya sangat terbatas dengan yang premium. Harganya plugin berkisar antara Rp 700.000 hingga Rp 2.000.000.

5. Pasang Theme/Template/Tema

Theme atau template dalam bahasa tema berfungsi sebagai tampilan sebuah website, yang tentunya ini akan memberikan wajah unik pada sebuah website agar terlihat menarik bagi pengunjung. Dengan tema kita bisa mengkustomisasi sendiri sesuai keinginan.

Bagi anda yang masih awam di dunia wordpress, anda bisa menggunakan tema yang telah disediakan secara gratis oleh wordpress. Banyak sekali pilihan tema yang dapat diinstall untuk menyesuaikan jenis website Anda.

Meskipun WordPress telah menyediakan ribuan tema gratis, namun template premium merupakan pilihan yang lebih baik, karena tentunya website anda akan terlihat unik dan fitur yang lebih baik. Jika Anda ingin membeli theme wordpress premium anda bisa browsing. biasanya dibandrol dengan harga kisaran Rp 200.000 – Rp 2.000.000 atau lebih.

Rekomendasi kami selain dari direktori WordPress, Anda juga bisa membeli berbagai theme premium dari pihak ketiga atau marketplace, antara lain sebagai berikut:

  • CodeCanyon
  • Creative Market
  • Mojo Code
  • Mojo Themes
  • ThemeForest
  • ThemeSnap
  • WP Eden
  • WP Shop

Jika anda ining mendapatkan fitur kustomisasi desain elemen lebih bagus den memuaskan anda bisa mengunjungi platform Template Monster, dengan biaya kustomisasi untuk satu elemen biasanya sekitar Rp 280.000.

Biaya Pengeluaran Tambahan (Opsional)

Setelah kita membahas kelima aspek di atas, kita akan melanjutkan dengan membahas fitur dasar yang harus Anda kuasai ketika awal pembuatan website.

Namun aspek tambahan ini sifatnya opsional, anda bisa memikirkan nanti setelah pengistallan wordpress. Jika belum dibutuhkan ada baiknya jangan dilakukan terlebih dahulu, kecuali memang benar-benar penting.

Fitur Ecommerce

Apabila anda ingin memiliki sebuah website ecommerce, maka fitur khusus toko online harus anda miliki, tetapi fitur tersebut biasanya berbayar. Adapun fitur-fitur yang wajib dipasang pada situs bisnis adalah sebagai berikut:

  • woocommerce untuk toko online (250.000 pertahun)
  • easy digital downloads untuk produk digital (187.000 perbulan).
  • ecwid untuk web bisnis (>1.000.000 pertahun).

Untuk biaya pemasangan fitur khusus website ecommerce sangat beragam, kisaran antara Rp 180.000 sampai >1.000.000 untuk masa aktif 1 bulan sampai 1 tahun.

Maintenance

Seperti yang telah disinggung di awal pembahasan, pembuatan website perusahaan tidak hanya cukup sampai website sudah jadi saja. Selain kebutuhan SEO, sebuah website membutuhkan perawatan dan pemeliharaan untuk mempertahankan kualitasnya dalam menghadapi persaingan dari website-website -serupa. Maka tak heran jika website-website toko online rela merekrut para pakar website dengan gaji besar.

Namun jika anda tidak ingin membayar lebih mahal, Anda bisa melakukan pemeliharaan rutin tanpa biaya di wordpress. Anda bisa menambahkan beberapa plugin untuk update software, tema dan plugin secara otomatis. Sedangkan untuk pemeliharaan keamanan, Anda bisa menambahkan plugin khusus antara lain sebagai berikut:

  • Jetpack Backup
  • BackWPUp
  • UpdraftPlus

Jika di rasa cukup rumit, mau tak mau anda harus menyerahkan pekerjaan tersebut kepada agensi profesional, yang biasanya mereka membandrol jasanya antara Rp 750.000 – 5.000.000 per bulan.

Tabel estimasi biaya buat website Perusahaan berbasis Wordpress

Sebelum melangkah untuk pembuatan website coba amati terlebih dahulu bagaimana cara menghitung biaya buat website sendiri yang kami rangkum pada tabel di bawah ini. Namun, kami hanya mencantumkan fitur dasar yang wajib Anda install ketika membuat sebuah situs web.

FiturBiaya TermurahBiaya Termahal
Domain16.000445.000
Hosting10.0001.000.000
SSL04.000.000
Plugin & Add-on700.0002.000.000
Tema02.000.000
Total Estimasi+- 726.000+- 9.445.000

Dengan mengamati tabel di atas paling tidak kita telah mengetahui berapa total biaya yang akan dikeluarkan untuk membuat website dari yang paling murah hingga yang termahal.

Namun, harap diingat bahwa angka tersebut jangan dijadikan patokan, mengingat harga setiap elemen sangat bervarias, tetapi paling tidak telah memberikan perkiraan biaya.

Apabila anda berencana membuat sebuah website perusahaan yang cukup besar dan membutuhkan perawatan yang lebih detail, membuat website sendiri kurang disarankan, lebih baik percayakan kepada penyedia jasa pembuatan website profesional untuk mengelola segala keperluan website secara menyeluruh.

Mungkin Anda akan berfikir lagi, berapa biaya buat website perusahaan jika menggunakan penyedia jasa? Untuk memperkuat keputusan Anda untuk menggunakan jasa atau agensi, mari kita total estimasi biaya pada pembahasan berikut.

Biaya buat website Perusahaan berbasis Wordpress

Biaya buat website Perusahaan berbasis Wordpress

Bagi para pebisnis yang ingin memiliki sebuah website perusahaan dengan mempercayakan kepada penyedia jasa sebenarnya memiliki lebih banyak kelebihan dan keuntungan. Anda tidak perlu memikirkan berbagai hal seperti memikirkan hosting, domain, tema, plugin, SSL dan lainnya. Seluruh fitur yang anda butuhkan akan disediakan oleh penyedia jasa dengan harga yang disesuaikan.

Tak hanya itu saja, Anda juga akan dapat berkonsultasi secara gratis, dan mungkin anda akan mendapatkan berbagai saran agar website anda berjalan dengan baik dan sesuai keinginan. Tetapi, pastinya harga jasa pembuatan website profesional lebih tinggi dibanding jika Anda membuatnya sendiri.

Untuk harga jasa tersebut sangat bervariasi tergantung pada vendor atau developer yang Anda percaya, maka kami tidak akan memberikan informasi baku terkait nominalnya.

Di bawah ini kami akan memberikan estimasi biaya pembuatan Website Perusahaan atau Bisnis yang umum di pasaran, namun apabila ada yang kurang pas kami mohon maaf.

Biaya pembuatan Website Perusahaan/Bisnis

Pada tahun lalu (2021), harga pembuatan website berbasis WordPress perusahaan rata-rata dibandrol sekitar Rp 2,5 juta hingga Rp 250 juta. Tetapi jenis website perusahaan memiliki perbedaan biaya pembuatannya sesuai fitur yang diinginkan.

Jika anda berencana membuat sebuah website perusahaan berskala kecil, biaya yang harus dipersiapkan antara Rp 2,5 juta – Rp 8 juta rupiah. Untuk website perusahaan skala menengah umumnya dibandrol sekitar Rp 7,5 hingga Rp 75 juta. Sedangkan website perusahaan skala besar harganya mencapai antara Rp 80 juta hingga Rp 250 juta.

Biaya buat website jenis lainnya

Di bawah ini kami akan memberikan estimasi biaya pembuatan website berdasarkan jenisnya yang umum di pasaran sebagai rambu-rambu.

Biaya pembuatan Website Company Profile

Biaya pembuatan Website Company Profile

Website company profile adalah web yang biasanya digunakan untuk profil sebuah instansi atau perusahaan yang bisa dimanfaatkan untuk menonjolkan kesan profesional. Website jenis ini biasanya dipakai untuk website sekolah, pemerintah, dan perusahaan baik yang skala besar maupun berskala kecil. Sebagai contoh website cuci sofa.

Website company profile dibandrol dengan harga yang bervariasi, tetapi standarnya rata-rata Rp 3 jutaan per tahun hingga puluhan juta rupiah. Harga tersebut bukan baku, setiap penyedia jasa menentukan harga sesuai fitur yang diberikan.

Bagi anda yang sedang mencari referensi biaya pembuatan website kantor, website pemerintah dan website desa harga di atas bisa dijadikan acuan.

Biaya pembuatan Website Ecommerce

Biaya pembuatan Website Ecommerce

Jika company profile biasa digunakan untuk perusahaan maupun organisasi, website ecommerce adalah platform yang biasa manfaatkan untuk membuka sebuah Toko online (online shop) berbasis web. Fitur yang dibutuhkan untuk website jenis ini cukup beragam dibanding dengan jenis website lainnya. Karena web seperti ini melibatkan user dan pemilik yang nantinya berakhir pada transaksi. Maka tak mengherankan jika biaya pembuatan website toko online lebih mahal.

Biaya untuk pembuatan website e commerce rata-rata dibandrol mulai 10 juta hingga ratusan juta rupiah. Harga tersebut hanya perkiraan untuk menyewa developer, jadi tidak bisa dipastikan berapa harganya, karena menyangkut banyak faktor.

Biaya pembuatan Website Pribadi

Biaya pembuatan Website Pribadi

Apa itu Website pribadi? Website jenis ini biasa juga disebut blog yang biasanya digunakan oleh perseorangan yang ingin menghasilkan uang lewat iklan Google Adsense. Adapun harga pembuatan website pribadi berplatform WordPress cukup terjangkau, rata-rata dibandrol dengan harga sekitar Rp 500 ribu sampai Rp 3 jutaan, tergantung fitur yang diinginkan.

Biaya pembuatan Website Portal Berita

Biaya pembuatan Website Portal Berita

Meskipun anda belum memiliki perusahaan, namun tak mustahil memiliki website portal berita. Dahulu, hanya beberapa website berita yang terkenal se[erti detik.com, namun seiring berjalannya waktu sekarang sudah tak terhitung web berita bertebaran di Indonesia.

Berapa harga pembuatan Website Portal Berita? Ini juga sangat bervariatif, mahal tidaknya tergantung fitur apa saja yang dibutuhkan. Namun sebagai rambu-rambu harga jasa pembuatan website berita standar antara 1,8 juta sampai 10.0000 rupiah.

Kesimpulan

Telah kami ulas panjang lebar biaya buat website Perusahaan berbasis Wordpress dan website jenis lainnya yang bisa Anda jadikan pertimbangan. Kami berharap ulasan di atas sedikit banyak dapat memberikan informasi bermanfaat yang nantinya akan mendorong Anda untuk menentukan keputusan nantinya.

Apabila anda tidak memiliki waktu dan tidak ingin repot dengan berbagai kerumitan membuat website, lebih baik percayakan kepada ahlinya jasa pembuatan website kepada Prya Design. Kami akan siap berkonsultasi dan memberikan saran terbaik untuk website yang anda impikan. Tertarik? Silahkan akses laman kontak kami atau langsung hubungi kami lewat WhatsApp.

Kami kira cukup sekian artikel biaya buat website Perusahaan berbasis Wordpress dari kami. Terima kasih, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Faq

Apakah website harus bayar?

Tergantung kebutuhan Anda, namun pasti fiturnya akan jauh berbeda antara yang berbayar dan gratis.

Apa yang membuat pembuatan website Mahal?

Kebutuhan hosting, domain, theme, maupun plugin premium akan sangat mempengaruhi mahalnya sebuah website.

Jasa pembuatan website itu apa?

Jasa yang bergerak dalam bidang pembuatan website, baik itu website perusahaan, website sekolah, website company profil, website portal berita maupun website pribadi.

Berapa hari pembuatan website?

Tergantung. Sebenarnya 1 hari saja bisa selesai jika hanya jadi, namun jika harus mendesain dan memasang fitur-fitur tertentu akan menambah lamanya pembuatan website. Apalagi untuk urusan SEO, bisa bulanan.

Bagaimana cara membuat website gratis?

Anda bisa membuatnya dengan platform gratis seperti wordpress.com atau blogspot.com

Show More

Supriyadi Pro

I am a blogger and freelance worker from Indonesia who loves to share my knowledge in graphic design

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button